Rabu, 12 November 2014

Makalah Internet Telephony



INTERNET TELEPHONY


                             TUGAS INTERNET & MOBILE SECURITY
Untuk memenuhi salah satu syarat tugas mata kuliah Internet & Mobile Security



Ridha Agistia
NIM:  18112149

Jurusan Manajemen Informatika
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer ”BSI BSD”
Bumi Serpong Damai
2014

PENGANTAR
Internet merupakan jaringan dari berbagai jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dapat mengirim pesan ke komputer lainnya melalui internet. Sekarang ini, pesan yang paling banyak dilewatkan adalah email dan data-data dari suatu host yang diambil dengan fasilitas WWW, ftp, gopher, dan sebagainya.
Perkembangan teknologi DSP menghasilkan perangkat keras yang mampu mengolah sinyal analog, seperti sinyal audio, sebagai sinyal input sistem DSP yang diolah dalam bentuk sinyal dijital dan menghasilkan sinyal keluaran yang analog kembali. Peralatan seperti sound blaster merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi ini yang telah mampu mengolah sinyal secara real time. Sehingga, sinyal yang dapat dikirim melalui internet juga meliputi sinyal audio dan video.
KONSEP DASAR INTERNET TELEPHONY
Internet telephony atau IP telephony merupakan konsep penggunaan jaringan internet untuk melewatkan sinyal telepon dengan delay yang dapat diterima (masih dalam batas toleransi pendengaran manusia). Bentuk aplikasi internet telephony dapat berupa :
  1. Komputer ke pesawat telepon
  2. Pesawat telepon ke komputer
  3. Komputer ke faksimili
  4. Faksimili ke komputer
  5. Antar komputer
  6. Antar pesawat telepon
  7. Antar faksimili
Alasan utama berkembangnya internet telephony adalah biaya yang diperlukan untuk melakukan percakapan lebih murah dari pada percakapan menggunakan saluran telepon biasa, terutama untuk percakapan jarak jauh. Selain itu, dengan teknologi ini dapat dilakukan videoconferencing, pemakaian dokumen bersama, serta pemakaian aplikasi dan white-board bersama.
CARA KERJA
1.       Pada satu sisi, gateway terhubung dengan saluran telepon dan dapat berkomunikasi dengan setiap pesawat telepon di seluruh dunia.
  1. Di sisi lain, gateway terhubung dengan internet dan dapat berkomunikasi dengan setiap komputer yang terhubung internet di seluruh dunia.
  2. Gateway bertugas mengambil sinyal telepon untuk ditransformasikan ke dalam sinyal dijital (jika sinyal telepon tersebut masih analog), kemudian mengkompres sinyal tersebut, dan selanjutnya mengirim sinyal tersebut dalam bentuk paket-paket melalui jaringan internet menggunakan internet protocol (IP) ke tempat tujuan.
  3. Gateway melakukan proses sebaliknya dari point ketiga. · Kedua proses terakhir dilakkan secara bersamaan, sehingga dapat dilakukan percakapan yang full-duplex.
Untuk melakukan hubungan komputer ke pesawat telepon atau pesawat telepon diperlukan sebuah gateway. Namun, untuk melakukan hubungan antar pesawat telepon diperlukan dua buah gateway.
KUALITAS INTERNET TELEPHONY
Ada dua faktor yang menentukan kualitas dari internet telephony:
  1. Kualitas sinyal suara. Sinyal suara telah dapat dilewatkan melalui jaringan dengan kualitas yang baik menggunakan teknik-teknik pengkodean dan rekonstruksi sinyal untuk me-recover sinyal asli.
  2. Delay suara. Manusia memiliki batas toleransi sebesar 0,25 detik untuk dapat menyimak percakapan dengan baik. Teknologi internet telephony yang ada telah dapat memenuhi dan melampui kecepatan batas ini.
KEUNTUNGAN INTERNET TELEPHONY
1.      Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
2.       Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
3.       Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
4.       Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa.
5.       Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
6.      Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset.
7.       Kualitas suara bisa lebih jernih dari jaringan PSTN, jika menggunakan kompresi suara yang baik dan QoS yang baik pula. Jika anda menggunakan Wireless Switch yang didukung oleh protokol QoS, maka anda bisa mendapatkan kualitas suara yang baik.
PERKEMBANGAN BISNIS INTERNET TELEPHONY DI ASIA
Pada bulan Juli 1997, P.T. Lucent Technologies Jepang diharapkan memasuki pasar IP telephony Jepang dengan rangkaian produk Internet Telephony Server SP, Internet Call Center, dan Intuity Universal Messaging Solution. Selain itu, baru-baru ini Lucent juga telah menandatangani kontrak dengan PT Telkom senilai 90 juta dolar AS untuk memperbaiki jaringan telekomunikasi di Indonesia yang di dalamnya sudah termasuk pemasangan Lucent Internet Telephony Server SP agar pelayanan IP telephony di Indonesia dapat dilakukan.
Selama tahun 1996, VocalTec (dari Israel) menandatangani kerja sama dengan DACOM International and Telecom New Zealand (TNZ) dari Selandia Baru untuk mendistribusikan perangkat lunak buatan VocalTec. TNZ meluncurkan pelayanan perdana IP telephony pada bulan Februari 1997. Tidak ketinggalan, Ozemail dari Australia juga telah meluncurkan layanan komersial perdana internet telephony.
Innomedia, sebuah perusahaan teknologi tinggi dari Singapura, merencanakan untuk memasarkan produknya InfoGate di negara tersebut dan negara-negara lainnya pada kuartal kedua tahun 1997. Produk ini merupakan sebuah server private automatic branch exchange (PABX) yang mampu menghubungkan pesawat telepon dengan internet.
Taiwan Telecommunication Network (TTN) telah memilih produk VocalTEc untuk membangun kemampuan TTN di bidang IP telephony. TTN merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Taiwan.
MINAT PERUSAHAAN PENYELENGGARA TELEKOMUNIKASI
PT Indosat telah mengumumkan rencananya untuk melakukan investasi sebesar Rp. 120 milyar untuk dapat melayani IP telephony yang diharapkan dapat dimulai pada awal bulan April 1998. Dana sebesar itu diinvestasikan pada Global Link Deutchland yang merupakan bagian dari USA Global Link.
USA Global Link sendiri merencanakan untuk meluncurkan layanan IP telephony jarak jauh internasional di Australia pada pertengahan 1997, yang akan memotong biaya percakapan telepon internasional sebesar 90 persen.
Selain itu, USA Global Link juga ingin menginvestasikan dana sebesar 500 juta dolar AS selama tahun 1997 untuk pengembangan gateway yang akan dipakai untuk melayani IP telephony di Amerika Serikat, Eropa, Afrika Selatan, dan Amerika Selatan. USA Global Link juga berencana memiliki layanan di Hongkong, Indonesia, dan Korea.
KOMUNITAS INTERNET TELEPHONY
Komunitas pengguna / pengembang VoIP di masyarakat, berkembang di tahun 2000. Komunitas awal pengguna / pengembang VoIP adalah “VoIP Merdeka”. ”VoIP Merdeka” (VM) dicetuskan oleh Onno W. Purbo. Teknologi yang digunakan oleh ”VoIP Merdeka” (VM) adalah H.323 yang merupakan teknologi awal VoIP. Sentral VoIP Merdeka di host ng di Indonesia Internet Exchange (IIX) atas dukungan beberapa ISP dan Asossiasi Penyelenggara Jaringan Internet (APJII). Kode area ”VoIP Merdeka” pada saat itu secara aklamasi ditentukan menjadi 6288, tentunya tanpa memperoleh restu dari pemerintah. Di tahun 2005, Anton Raharja dkk dari ICT Center Jakarta mulai mengembangkan VoIP jenis baru berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Teknologi SIP merupakan teknologi pengganti H.323 yang sulit menembus proxy server. Di tahun 2006, infrastruktur VoIP SIP dikenal sebagai VoIP Rakyat.
BEBERAPA KENDALA DAN TANTANGAN
  1. IP telephony merupakan teknologi baru, sehingga terasa sukar bagi para vendor untuk mendapat keuntungan pada tahap awal deployment ini.
  2. Kurangnya standar mengakibatkan pada konsumen enggan untuk membeli peralatan komunikasi yang tidak dapat berkomunikasi dengan alat sejenis produk perusahaan lain. Sehingga, para vendor harus bekerja sama dan membangun sebuah standar jika diinginkan IP telephony dapat dipakai secara luas.
  3. Bandwidth yang diperlukan aplikasi IP telephony memerlukan sarana dan prasarana jaringan internet yang lebih baik.












KESIMPULAN

Dengan segala potensi yang ada terutama sekali biaya yang relatif murah untuk percakapan jarak jauh, VoIP sangat berpotensi dikembangkan. Paradigma bahwa PSTN adalah inti dari jaringan suara harus diubah bahwa telepon analog biasa adalah bagian dari IP Telephony, yang mengakibatkan perkembangan IP TelePhony akan jauh berkembang dengan pesat dibandingkan telepon analog biasa. Memanfaatkan idle bandwidth. Jika perusahaan sudah mempunyai jaringan antar cabang VoIP dapat digunakan tanpa menambah biaya jaringan. Tergantung dari system yang mau dipakai, jika hanya antar PC maka tidak ada investasi tambahan untuk membuat jaringan VoIP. Investasi tambahan yang akan muncul jika jaringan VoIP ini digabung dengan PABX. Perkembangan VoIP akan makin berkembang menjadi IP Telephony, suatu bentuk komunikasi multimedia.

SUMBER :



1 komentar: