Jumat, 21 November 2014

Manajemen Bisnis



MANAJEMEN
PERTEMUAN 1
Pengertian batasan manajemen menurut para ahli:
1.      John D. Millett
Membatasi manajemen adalah suatu proses pengarahan dan pemberian fasilitas kerja kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal untuk mencapai tujuan.
Millet lebih menenkankan bahwa manajemen sebagai suatu proses, yaitu suatu rangkaian aktivitas yang satu sama lain saling berurutan.
a.       Proses pengarahan (process of directing)
Yaitu suatu rangkaian kegiatan untuk memberikan petunjuk atau instruksi dari seorang atasan kepada bawahan atau kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal dan untuk mencapai tujuan.
b.      Proses pemberian fasilitas kerja (process of facilitating the work)
Yaitu rangkaian kegiatan untuk memberikan sarana dan prasarana serta jasa yang memudahkan pelaksanaan pekerjaan dari seorang atasan kepada bawahan atau kepada orang yang terorganisasi dalam kelompok formal untuk pencapaian suatu tujuan.

2.      James A.F. Stoner dan Charles Wankel
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasai dan penggunaan seluruh sumber daya organisasi lainnya demi tercapainya tujuan organisasi.
Prosesnya meliputi:
a.       Perencanaan, yaitu menetapkan tujuan dan tindakan yang akan dilakukan.
b.      Pengorganisasian, yaitu mengoordinasikan sumber daya manusia serta sumber daya lainnya yang dibutuhkan
c.       Kepemimpinan, yaitu mengupayakan bawahan agar bawahan bekerja sebaik mungkin
d.      Pengendalian, yaitu  memastikan apakah tujuan tercapai atau tidak dan jika tercapai dilakukan tindakan perbaikan.


3.      Paul Hersey dan kenneth H. Blanchard
Memberiakn batasan manajemen sebagai suatu usaha yang dilakukan dengan dan bersama individu atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.

4.      H.B. Siswanto
Manajemne adalah seni dan ilmu dalam perencanaan,pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.

5.      T.H. handoko
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya- sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

ELEMEN DASAR MANAJEMEN
1.      Elemen sifat
a.       Manajemen sebagai suatu seni
Yaitu sebagai suatu keahllian, kemahiran, kemampuan, dan keterampilan dalam aplikasi ilmu pengetahuan untuk mencapai tujuan
b.      Manajemn sebagai suatu ilmu
Yaitu akumulasi pengetahuan yang telah disitematisasikan dan diorganisasikan untuk mencapai kebenaran umum (general puposes)

2.      Elemen fungsi
a.       Perencanaan
Yaitu suatu proses dan rangkaian kegiatan untuk menetapkan tujuan terlebih dahulu pada suatu jangka waktu/periode tertentu serta tahapan/langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut.
b.      Pengorganisasian
Yaitu suatu proses dalam rangkaian kegiatan dalam pembagian kerja yang direncanakan untuk diselesaikan oleh anggota kelompok pekerjaan, penentuan hubungan kerja yang baik diantara mereka, serta pemberian lingkungan dan fasilitas pekerjaan yang dondusif
c.       Pengarahan
Yaitu suatu rangkaian kegiatan untuk memberikan petunjuk atau instruksi dari seorang atasan kepada bawahan atau kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal dan untuk pencapaian tujuan bersama.
d.      Pemotivasian
Yaitu suatu proses dalam rangakain kegiatan yang dilakukan oleh seorang atasan dalam memberikan inspirasi, semangat, dan kegairahan kerja serta dorongan kepada bawahan untuk dapat melakukan suatu kegiatan yang semestinya.
e.       Pengendalian/pengawasan
Yaitu suatu proses dan rangkaian kegiatan untuk mengusahakan agar suatu pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai rencana yang telah ditetapkan dan tahapan yang harus dilalui.

3.      Elemen sasaran
a.       Orang (manusia)
Yaitu mereka yang telah memenuhi syarat tertentu dan telah menjadi unsur integral dari organisasi atau badan tempat ia bekerja sama untuk mencapai tujuan.
b.      Mekanisme kerja
Yaitu tata cara dan tahapan yang harus dilalui orang yang mengadakan kegiatan bersama untuk mencapai tujuan.

4.      Elemen tujuan
Yaitu hasil akhir yang ingin dicapai atas suatu pelaksanaan kegiatan

Berdasarkan batasan manajemen,karakteristik /ciri pokok yang terdapat dalam pengertian ilmu:
1.      Bersifat rasional
Rasional adalah suatu sifat aktivitas berfikir yang ditundukkan pada logika formal dalam mengikuti urutan berfikir silogisme.
2.      Bersifat empiris
Dikatakan bersifat empiris karena kesimpulan yang diambil harus dapat ditundukkan pada pemeriksaan atau pada verifikasi indra manusia.
3.      Bersifat umum
Artinya kebenaran yang dihasilkan sebagai ilmu tersebut dapat diverifikasi oleh peninjau ilmiah.
4.      Bersifat akumulatif
Adalah apa yang dipelajari merupakan kelanjutan dari ilmu yang telah dikembangkan sebelumnya.

Manajemen sebagai ilmu ,sehingga manajer harus memiliki sifat ilmiah yaitu:
1.      Objektivitas
Yang dimaksud objektif adalah bahwa dalam satu peninjauan yang dipentingkan adalah objeknya.
2.      Serba relatif
Seorang manajer sebagai ilmuwan harus menerima realitas perubahan yang terjadi dan memberikan dampak terhadap masa berlakunya teori-teori yang telah mereka miliki.
3.      Skeptif
Yang dimaksud skeptif adalah sikap selalu ragu terhdapat pertanyaan yang belum cukup kuat dasar pembuktiannya.
4.      Kesabaran intelektual
Mampu menahan diri dan kuat untuk tidak menyerah kepada tekanan dalam menyatakan suatu pendirian ilmiah karena memang belum selesai dan belum lengkap hasil yang dicapai.
5.      Kesederhanaan
Kesederhanaan dalam sikap berfikir, cara menyatakan, dan cara pembuktiaan.
6.      Tidak memihak kepada etik
Adalah bahwa ilmu tidak memiliki tujuan dan tugas untuk membuat penilaian tentang hal yang baik dan buruk, melainkan ilmu memiliki tugas untuk mengemukakan hal-hal yang salah dan hal-hal yang benar secara nisbi.
Yang dimaksud manajemen sebagai seni secara luas dan umum yaitu merupakan keahlian, kemahiran, kemampuan, serta ketrampilan dalam prinsip, metode, dan teknik dalam menggunakan sumber daya manusia dan sumber daya alam secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan.
PERTEMUAN 2
MANAJEMEN, MANAJER, DAN KEPEMIMPINAN
A.           RUANG LINGKUP
Manajer adalah seorang yang bertindak sebagai perencana, pengorganisasi, pengarah, pemotivasi, serta pengendali orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.

Kepemimpinan adalah sikap dan perilaku untuk memengaruhi para bawahan agar mereka mampu bekerja sama sehingga dapat bekerja lebih efisien dan efektif.

Spesifikasi manajemen, manajer dan kepemimpinan
Seni dan ilmu dalam perencanan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.
Seseorang yang bertindak sebagai perencana, pengorganisasi,pengarah,pemotivasi, dan pengendali terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.
Sikap yang harus dimiliki oleh perencana, pengorganisasi, pengarah, pemotivasi, dan pengendali.
Seni, ilmu dan prosesnya
Orang atau pelakunya
Sifat atau jiwanya

James A.F Stoner dan Charles wankel (1986:6-8)menspesifikasikan secara lebih lengkap tentang manajer sebagai berikut:
1.      Manajer bekrja dengan dan melalui orang lain (manajer work with and through other people)
2.      Manajer bertanggung jawab dan bertanggung gugat
3.      Manajer menyeimbangkan persaingan tujuan dan menetapkan prioritas
4.      Manajer harus berfikir secara analitis dan konseptual
5.      Manajer adalah penengah
6.      Manajer adalah politikus
7.      Manajer adalah diplomat
8.      Manajer adalah lambang
9.      Manajer mangambil keputusan yang sulit

B.            TINGKATAN MANAJEMEN
Ada 3 yaitu:
1.      Manajer lini-pertama
Tingkatan paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional disebut manajemen lini/garis-pertama (first-line/first-level). Para manjer ini disebut dengan kepala atau pemimpin(leader), mandor (foremen) dan penyelia (supervisors).
2.      Manajer menengah
Para menajer menengah membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lainnya dan kadang-kadang juga karyawan operasional. Sebutan manajer menengah adalah manajer departemen, kepala pengawas (superintendents).
3.      Manajer puncak
Klasifikasi manajer tertinggi ini terdiri dari sekelompok kecil eksekutif. Manajer puncak bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen organisasi.
Contohnya direktur, presiden, kepala divisi, wakil manajer senior,dsb.

Menurut cakupan kegiatannya dibedakan menjadi 4 yaitu:
1.      Dewan direksi, cakupan kegiatannya dalam usaha mengelola organisasi secara keseluruhan.
2.      Presiden organisasi, cakupan kegiatannya dalam usaha mengelola para manajer agar terdapat kesatuan gerak dan tindakan untuk merealisasikan kegiatan.
3.      Departemen atau kepala divisi, cakupan kegiatannya dalam usaha mengelola bawahan yang meliputi spesialisasi kerjanya masing-masing.
4.      Manajer hierarki pertama, cakupan kegiatannya dalam usaha pekerjaannya sesuai dengan tujuan organisasi.

C.            KETERAMPILAN DAN PERAN MANAJER
George R. Terry mendeskripsikan pekerjaan manajer berdasarkan fungsinya sbb;
1.      Perencanaan (planning)
Dalam fungsi ini manajer memilki deskripsi pekerjaan sbb:       
1)      Menetapkan, mendeskripsikan, dan menjelaskan tujuan
2)      Memprakirakan
3)      Menetapkan syarat dan dugaan tentang kinerja
4)      Menetapkan dan menjelaskan tugas untuk mencapai tujuan
5)      Menetapkan rencana penyelesaian
6)      Menetapkan kebijakan
7)      Merencanakan standar-standar dan metode penyelesaian
8)      Mengetahui lebih dahulu permasalahan yang akan datang dan mungkin terjadi
2.      Pengorganisasian (organizing)
Dalam fungsi ini manajer memilki deskripsi pekerjaan sbb:       
1)      Mendeskripsikan pekerjaan dalam tugas pelaksanaan
2)      Mengklasifikasikan tugas pelaksanaan dalam pekerjaan operasional
3)      Mengumpulkan pekerjaan operasional dalam kesatuan yang berhubungan dan dapat dikelola
4)      Menetapkan syarat pekerjaan
5)      Mengkaji dan menempatkan individu pada pekerjaan yang tepat
6)      Mendelegasikan otoritas yang tepat kepada masing-masing manajemen
7)      Memberikan fasilitas ketenagakerjaan dan sumber daya lainnya
8)      Menyesuaikan organisasi ditinjau dari sudut hasil pengendalian

3.      Penggerakan ( actuating)
Dalam fungsi ini manajer memilki deskripsi pekerjaan sbb:       
1)      Memberitahu dan menjelaskan tujuan kepada bawahan
2)      Mengelola dan mengajak para bawahan untuk bekerja semaksimal mungkin
3)      Membimbing bawahan untuk mencapai standar operasional
4)      Mengembangkan bawahan guna merealisasikan kemungkinan sepenuhnya
5)      Memberikan orang hak untuk mendengarkan
6)      Memuji dan memberikan sanksi secara adil
7)      Memberi hadiah melalui penghargaan dan pembayaran untuk pekerjaan yang diselesaikan secara baik
8)      Memperbaiki usaha penggerakan dipandang dari sudut hasil pengendalian

4.      Pengendalian (controlling)
Dalam fungsi ini manajer memilki deskripsi pekerjaan sbb:       
1)      Membandingkan hasil dengan rencana pada sebelumnya
2)      Menilai hasil dengan standar hasil pelaksanaan
3)      Menciptakan alat yang efektif untuk mengukur pelaksanaan
4)      Memberitahukan alat pengukur
5)      Memudahkan data yang detail dalam bentuk yang menunjukkan perbandingan dan pertentangan
6)      Menganjurkan tindakan perbaikan apabila diperlukan
7)      Memberitahukan anggota tentang interprestasi yang bertanggung jawab
8)      Menyesuaikan pengendalian dengan hasil.

Keterampilan-keterampilan manajerial
1.      Keterampilan konsepsual (conceptual skills)
Adalah kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi.
Mencakup kemampuan manajer untuk melihat organisasi sebagai suatu keseluruhan dan memahami hubungan antara bagian yang saling bergantung, serta mendapatkan, menganalisa dan menginterprestasikan informasi yang diterima.
2.      Ketrampilan kemanusiaan (human skills)
Adalah kemampuan untuk bekerja, dengan memahami dan memotivasi orang lain, baik secara individu maupun kelompok.
3.      Ketrampilan administratif (administrative skills)
Adalah seluruh ketrampilan yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan kepegawaian dan pengawsan.
Ketrampilan ini mencakup kemampuan untuk mengikuti kebijaksanaan dan prosedur, mengelola dengan anggaran terbatas dsbnya.
4.      Ketrampilan teknik (technical skills)
Adalah kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, prosedur-prosedur atau teknik-teknikdari suatu bidang tertentu seperti akuntansi, produksi, penjualan, pemesinan dsb.

Peran manajer dalam organisasi menurut siswanto:
1.      Peran antar pribadi manajer ( The manager’s interpersonal roles)
a.       Sebagai tokoh (central figure)
Sebagai pemimpin dan sebagai penghubung agar organisasi yang dikelolanya berjalan lancar. Contohnya melakukan tugas seremonial, seperti menyambut tamu, menghadiri undangan dsb nya.
b.      Sebagai pemimpin (leader)
Manajer harus melakukan aktivitas seperti merekrut bawahan, mengangkat, memberikan pelatihan, memotivasi, mengembangkan dsb.
c.       Sebagai penghubung ( Liason)
Berhubungan dengan orang yang bukan bawahan atau atasan misalnya dengan rekan-rekan dalam organisasi, kreditor, investor, pemasok, dan pihak diluar organisasi.
2.      Peran informasional manajer (The manager’s informational roles)
a.       Sebagai pemantau
Menajer harus secara kontinumencari informasi yang dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien.
b.      Sebagai penyebar
Manajer menyalurkan kepada para bawahan informasi penting karena tanpa dia informasi tersebut tidak dapat diperoleh.
c.       Sebagai juru bicara
Manajer menyampaikan sebagian dari informasi yang dikumpulkan nya kepada individu diluar unitnya atau bahkan pula para pihak lain diluar organisasinya.
3.      Peran pengambil keputusan manajer (The manager’s decisional roles)
a.       Sebagai wirausaha
Manajer berusaha menyempurnakan unitnya, manajer membuat perubahan secara sukarela.
b.      Sebagai pereda gangguan
Manajer bertindak sebagai kondisi yang berada diluar pengendaliannya, misalnya pemogokan, pelanggan yang pailit, pembatalan kontrak dan sejenisnya.
c.       Sebagai pengalokasian sumber daya
Manajer bertanggung jawab dalam menetapkan bagaimana dan kepada siapa sumber daya yang dimiliki organisasi dan waktu sendiri akan digunakan.
d.      Sebagai perunding
Manajer melakukan perundingan dengan pihak lain diluar organisasi, misalnya berunding dengan wakil serikat kerja, manajer pemasaran melakukan perundingan dengan pedagang eceran dsbnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar