Tugas Enterpreneurship . Resume Frainchise Sukses
Ridha Agistia -18112149
Dalam kesempatan ini saya akan
memperkenalkan J.CO DONUTS & COFFEE Sebagai
salah satu perusahaan Frainchise besar di Indonesia.
Jika kita berjalan jalan di beberapa
pusat perbelanjaan terkenal di jabotabek sudah tidak asing lagi melihat sebuah
Outlet dengan Brand orange seperti di atas, lebih dekat lagi beberapa kilometer
dari kampus Bina Sarana Informatika kita Outlet J.CO yang beberapa bulan lalu baru saja opening sangat menarik
minat kita. Untuk lebih jauhnya saya menguraikannya secara detail di bawah ini…
Nama
Perusahaan : J.CO Donuts & Coffee
Nama Owner
: Johnny Andrean
Website Perusahaan : www.jcodonuts.com
Alamat
Kantor :Jl.
Meruya Selatan 66, Jakarta
Twitter : @J.COindonesia
Facebook : J.CO
Donuts & Coffee , Indonesia
No Telephone : Phone (021) 586 4530 ( Kantor )
Jumlah
Outlet : 24
Cara Frenchise : JCO Donuts Waralaba divisi pengembangan bisnis
Telepon: 021 -
7388 3343 Fax: 021-7388 3324
E-mail: franchise@jcodonuts.com
Investasi : Perkiraan Investasi: Rp atas. 1 Milyar
Latar Belakang
Telepon: 021 - 7388 3343 Fax: 021-7388 3324
E-mail: franchise@jcodonuts.com
Awalnya , ketika jalan jalan di USA Johnny Andrean tertarik membeli waralaba Donat asing USA, tetapi ia mendapatkan beberapa
kendala. Kendala itu ada pada bahan baku dan proses pengendalian produksinya.
Ia Kemudian berfikir lalu memutuskan untuk mengembangkan dan menghasilkan sendiri bentuk dan rasa donat dengan memfokuskan secara khusus pada mutu
bahan baku dan proses produksi di Indonesia.
Sekembali ke Indonesia, ia
kemudian mengembangkan sebuah gerai toko donat dengan konsep
dapur terbuka, Toko yang pertama
dibuka di Supermall Karawaci Tangerang
pada tanggal 26 Juni 2005. Selain mempunyai rasa yang berbeda, konsep toko juga dibuat
sebagai dapur terbuka sehingga konsumen-konsumen dapat melihat berbagai atraksi
dalam pembuatan donat.
Strategi Marketing
Sekembali ke Indonesia, ia kemudian mengembangkan sebuah gerai toko donat dengan konsep dapur terbuka, Toko yang pertama dibuka di Supermall Karawaci Tangerang pada tanggal 26 Juni 2005. Selain mempunyai rasa yang berbeda, konsep toko juga dibuat sebagai dapur terbuka sehingga konsumen-konsumen dapat melihat berbagai atraksi dalam pembuatan donat.
Penjualan donat J.CO. di salah satu gerai
terlarisnya bisa mencapai 14 ribu donat per hari. Angka ini belum termasuk
pembelian produk lainnya (seperti minuman kopi) oleh pengunjung outlet J.CO.
yang jumlahnya bisa mencapai 1.200 orang per hari.
Saya Penasaran kenapa J.CO begitu
sukses, saya menambahkan referensi lain disini,ternyata ini tidak terlepas sang
Owner .Tiga tahun digunakan jhonny andrean untuk mempersiapkan standar dan prosedur produksi, pemilihan bahan baku, memperbaiki mutu dan proses produksi produk,
serta operasional bisnis
riset pasar dan
sampling..
Strategi ini direalisasikan lewat konsep open kitchen-nya.
Strategi ini direalisasikan lewat konsep open kitchen-nya.
Promonya
berorientasi di sampling di sekitar
gerai, membuat blog dan friendster ,twitter di dunia maya, masuk ke komunitas
ibu-ibu arisan dengan menyelenggarakan factory visit dan demo pembuatan
donat.Strategi branding ini berhasil menciptakan word of mouth .Dan akhirnya Dalam
waktu dua tahun, J.Co telah berdiri sebanyak 24 gerai.
Mengapa Memilih Jco
Tahun
2010, Selepas SMA Saya memberanikan diri melamar di perusahaan J.CO yang sedang
membutuhkan admin. Awalnya hanya ingin mengisi kekosongan waktu tapi akhirnya
saya terjun ke dunia J.CO DONUTS & COFFE selama satu tahun, Dalam Tugas
Enterpreneur ini Saya pikir lebih mudah untuk mendeskripsikan bagaimana J.CO
DONAT & COFFE menjadi perusahaan waralaba yang terkenal dan memiliki banyak
outlet di seluruh Indonesia.
Kesimpulan
J.CO
donuts & coffee berhasil karena perusahaan ini memiliki kekuatan dan
kekuatan itu berasal dari :
v Strategi
marketingnya
v Konsepnya
v Dan
terlebih lagi dari kerja keras owner nya yang konsisten apa yang di geluti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar